Pendidikan Pelatihan (DIKLAT) Pengembangan Keterampilan Kewirausahaan Mahasiswa PENMAS

Oleh: Zulkarnain Anu . 15 Mei 2024 . 09:05:10

 

Pelaksanaan Pendidikan Pellatihan (DIKLAT) dengan Tema: "Pengembangan Keterampilan Kewirausahaan Mahasiswa" dilaksanakan diruang Apenmasi Fakultas Ilmu Pendidikan. Pelaksanaan Diklat ini sehubungan dengan Praktikum Mata kuliah Manajamen Pendidikan dan Pelatihan Mahasiswa semester VI Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Jurusan Pendidikan Masyarakat Zulkarnain Anu, S.Pd, M.Pd dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa serta ucapan terima kasih kepada Dosen Dr. Abdul Hamid Isa, M.Pd yang selalu konsisten dalam melaksanakan aktivitas Tridarma yang berkaitan dengan pendidikan dengan melakukan pencapaian-pencapaian target pada mata kuliah yang sudah direncanakan, salah satu yang menjadi tuntutan dari Perguruan Tinggi yaitu bagaimana menghasilkan mata kuliah yang berkualitas memiliki output yang terkumpul serta ini juga menjadi perhatian untuk Mahasiswa bahwa setiap mata kuliah ada suatu yang bermakna didalamnya dan memberikan pengalaman nyata bukan sekedar teori tetapi sesuai dengan situasi kondisional yang dihadapi, sehingga mahasiswa dapat memaksimalkan potensi dari setiap mata kuliah, diharapkan juga bukan hanya dari mata kuliah Manajamen Diklat melainkan dari mata kuliah lainnya yang harus berorientasi pada outputnya dalam bentuk project based learning yang dikemas dalam kegiatan praktikum.

Dalam Pelaksanaan Pendidikan Pelatihan ini mahasiswa menerima dua materi, materi pertama disampaikan oleh Dr. Abdul Hamid Isa, M.Pd menyampaikan bahwa ada tiga ciri pembelajaran atau keterampilan abad 21 yang harus dikembangkan dalam diri setiap individu yaitu 1) Literasi, dalam berbagai macam dimensi guru atau pendidik bahkan profesional keilmuan pendidikan masyarakat harus mampu mengembangkan diri dalam era literasi digital saat ini. 2) Karakter, karakter berhubungan dengan sikap mental dan dalam kaitannya juga dengan kewirausahaan sangat penting untuk membina karakter diri sendiri menjadi orang yang jujur tertib dan disiplin. 3) Kompetensi, ada  empat indikator kompetensi yang pertama yaitu berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreatif.

Materi kedua disampaikan oleh Ketua Jurusan Pendidikan Masyarakat bahwasanya dalam program kewirausahaan akan memberikan pelajaran bagaimana menjadi seorang jutawan atau milyader yang bebas waktu, dalam dunia usaha terkadang gender selalu menjadi keterbatasan bagi seseorang untuk dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya sendiri, semestinya dengan adanya kesetaraan gender tidak ada batasan bagi kaum perempuan untuk terjun dalam dunia usaha, ada praktek keterampiln produktif yang bisa dihasilkan yang akan menjadi salah satu modal awal untuk membangun usaha, seperti keterampilan membuat kerajinan tangan dari gelang dan scrunchie yang dapat memiliki nilai yang sangat erat kaitannya dengan kapasitas dalam menjalankan usaha, perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan yang sama untuk dapat berkembang.

Setelah menerima materi dilanjutkan dengan diskusi atau tanya jawab, kemudian dilanjutkan dengan Praktek Pengembangan Keterampilan Kewirausahaan Mahasiswa, praktek pertama pembuatan scrunchie oleh Mahasiswi (Ribka Eirene Zai) dan praktek kedua pembuatan brracelet manik atau gelang manik oleh mahasiswa (Mas Muda Nazwa).

 

Agenda

30 Mei 2024

Silaturahmi bersama Istri Almarhum Prof. Dr. Abdul Rahmat, M.Pd

Silaturahmi bersama istri Almarhum Prof.Abdul Rahmat, M.Pd ini untuk menjalin hubungan yang baik serta dirangkaikan dengan perpisahan/ramah tamah mahasiswa program PMM dilingkungan Jurusan Penmas FIP UNG.

6 - 7 Maret 2019

Kongres APENMASI

APENMASI merupakan wadah para pakar, peneliti, ilmuwan dan praktisi pendidikan masyarakat yang tersebar di berbagai Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta (PTN dan PTS) di seluruh tanah air.