Workshop Kurikulum Merdeka Berbasis OBE Tahun 2023

Oleh: Zulkarnain Anu . 31 Oktober 2023 . 09:10:10

Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Gorontalo melaksanakan Workshop Kurikulum Merdeka Berbasis OBE dengan Tema: "Merancang Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Outcome Based Education (OBE)" kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Gedung FIP UNG.

Dihadri oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Arwildayanto, M.Pd sekaligus membuka kegiatan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa "Workshop Pengembangan Kurikulum Berbasis OBE sangat menunjang kegiatan MBKM serta kurikulum OBE sebagai kurikulum yang berfokus pada pencapaian pembelajaran, dimana pendidik tidak hanya bepusat pada materi yang harus diselesaikan namun juga outcome, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan baru yang mempersiapkan mereka pada level yang lebih tinggi atau global".

Sementara itu Ketua Jurusan Pendidikan Masyarakat FIP UNG, Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan, "kegiatan ini ditujukan untuk pengembangan kurikulum dan penyesuaian naskah kurikulum program studi dalam mendukung pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti). Workshop ini diharapkan dapat menetapkan profil lulusan dan tersusunnya kurikulum MBKM, serta menghasilkan buku panduan kurikulum MBKM di Jurusan S1 Pendidikan Masyarakat FIP UNG".

Pada kesempatan yang sama, ketua panitia workshop Prof. Dr. Abdul Rahmat, S.Sos.I.,M.Pd menyampaikan "peserta workshop adalah dosen Penmas dan melibatkan para stakeholder yakni Kepala SKB Kota, PerwakilanTutor, Perwakilan Pamong, Kepala Sekolah SMA, Kepala Sekolah SMK, BKKBN Provinsi Gorontalo, dan Alumni".

Hadir sebagai Narasumber Dr. Asep Saepudin, M.Pd Sekjen HAPPENMASI dan juga Ketua Jurusan Pendidikan Masyarakat UPI Bandung, serta Wiwy Trianty Pulukadang, S.Pd, M.Pd yakni Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi Profesi LP3M UNG, serta dimoderatori oleh Endah Setiyowaty, S.Pd, M.Pd.

Agenda

30 Mei 2024

Silaturahmi bersama Istri Almarhum Prof. Dr. Abdul Rahmat, M.Pd

Silaturahmi bersama istri Almarhum Prof.Abdul Rahmat, M.Pd ini untuk menjalin hubungan yang baik serta dirangkaikan dengan perpisahan/ramah tamah mahasiswa program PMM dilingkungan Jurusan Penmas FIP UNG.

6 - 7 Maret 2019

Kongres APENMASI

APENMASI merupakan wadah para pakar, peneliti, ilmuwan dan praktisi pendidikan masyarakat yang tersebar di berbagai Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta (PTN dan PTS) di seluruh tanah air.